Diklatsar MQ

Posted by Pelatihan MQ 15.42, under | No comments

DIKLATSAR MANAJEMEN QOLBU
Membangun Prestasi dan Spiritualitas Kerja dengan Manajemen Qolbu

Dalam iklim dunia bisnis yang semakin kompetitif, salah satu pilihan bagi organisasi bisnis atau perusahaan berorientasi pada profit maupun non profit adalah harus mampu merespon tuntutan kebutuhan dari pelanggan / relasi yang semakin kompleks. Sehingga untuk memberikan sebuah bentuk pelayanan paripurna dibutuhkan profesionalitas kerja untuk seluruh elemen yang ada dilembaga tersebut.
Salah satu elemen penting dalam sebuah perusahaan adalah Sumber Daya Insani (karyawan). Sumber Daya Insani (karyawan) merupakan salah satu roda penggerak dalam pencapaian produktivitas sebuah perusahaan. Profesionalitas karyawan, tidak hanya diukur oleh kecerdasan & ketrampilan saja, melainkan dibangun juga oleh kekuatan karakter karyawan tersebut.

Diklatsar Manajemen Qolbu merupakan salah satu program yang dirancang untuk memfasilitasi perusahaan dalam membina dan mengembangkan kualitas karyawan yang berorientasi pada pengembangan karakter yang berlandaskan pada prinsip-prinsip akhlak mulia. Karena pusat perubahan karakter (akhlaq mulia) adalah Qolbu, maka upaya menata qolbu merupakan langkah awal dan fundamental dalam melakukan perubahan karakter.  Pengembangan karakter dalam Manajemen Qolbu ada dua hal yaitu :
Karakter Kuat :
1. Kedisiplinan
2. Keberanian (Manajemen resiko)
3. Ketahanan kerja
4. Kegigihan dalam berjuang/bekerja
5. Pantang mengeluh dan ulet

Karakter Baik
1. Kejujuran (Integritas)
2. Kerendahan hati
3. Ketulusan dan keikhlasan dalam  bekerja
4. Mental Ke-limpahruah-an (Abundant Mentalilty)
5. Ahli syukur
6. Kesabaran

Manajemen Qolbu menjadi media perubahan karakter menuju perpaduan karakter baik dan karakter kuat sehingga memunculkan karakter yang mulia yaitu memiliki produktivitas dalam berbuat kebaikan.   Qolbu merupakan pusat yang perlu dikelola agar melahirkan keyakinan dan sistem nilai yang sesuai dengan nurani.  Qolbu yang terkelola dengan baik akan melahirkan sikap yang positif dalam merespon setiap kejadian dengan sikap terbaik.  Sikap terbaik dalam merespon kejadian akan melahirkan perilaku yang terpuji.  Perilaku terpuji jika dilakukan terus-menerus secara konsisten akan melahirkan kebiasaan yang terpuji.  Jika Qolbu semakin bersih maka kebiasan-kebiasan yang terpuji inilah yang membentuk karakter mulia.
Dengan pengalaman penyelenggaraan selama empat tahun, pelatihan Manajemen Qolbu telah terbukti memberikan manfaat yang besar bagi para pesertanya dan dapat diterima oleh berbagai lapisan masyarakat, lintas usia, lintas status sosial, dan juga lintas agama.

B. TUJUAN UMUM PELATIHAN DASAR MANAJEMEN QOLBU
1. Memberikan penyadaran untuk memahami diri dan mengenal Tuhan yang terkait dengan arti hidup/nilai hidup (Life Meaning) yang akan menumbuhkan motivasi diri
2. Menyiapkan karyawan yang memiliki kesiapan kerja dan memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja
3. Membangun karyawan yang memiliki loyalitas terhadap perusahaan yang datangnya dari kesadaran dan pemahaman tentang hakikat bekerja
4. Menyiapkan karyawan baru yang memiliki spiritualitas dan kekuatan karakter yang mampu di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama di perusahaan untuk menunjang produktifitas perusahaan

C. TARGET  PELATIHAN DASAR MANAJEMEN QOLBU

1. DIKLATSAR MANAJEMEN QOLBU menjadikan Manajemen Qolbu sebagai media perubahan untuk pengembangan dirinya menuju pada pribadi yang unggul dan adaptif terhadap perubahan
2. DIKLATSAR MANAJEMEN QOLBU diharapkan memfasilitasi peserta menuju pada perubahan karakter yaitu :
Karakter Kuat : Disiplin, Berani, Tangguh, Pantang mengeluh, Bekerja keras dengan cerdas, Sigap, Cekatan. 
Karakter Baik : Integritas/Kejujuran, Rendah hati, Berakhlaq baik. 

0 komentar:

Posting Komentar

Tags


ShoutMix chat widget

Blog Archive

Blog Archive